contoh kasus special needs 1

Diffable merupakan singkatan dari different ability atau bisa dikatakan
sebagai "kemampuan yang berbeda", well, istilah yang friendly untuk
teman-teman kita memang masih dalam perdebatan. Jika kita bilang special
needs, saya merasa tidak nyaman karena seolah yang butuh special needs hanya
mereka yang dikategorikan cacad, padahal banyak orang yang tidak memiliki
keterbatasan namun sangat diperlakukan dengan special needs. Istilah special
needs merupakan istilah psikiatri dan psikologi untuk orang-orang dengan
keterbatasan fisik maupun mental sehingga mereka membuthkan perlakukan
khusus, sementara saya tahu banyak sekali mereka yang dinyatakan lengkap
baik secara fisik maupun mental namun membutuhkan psecial needs, nggak
jauh-jauh, anak-anak yang kalo mau minum aja musti diambilkan pembantu atau
ibunya, ini salah satu contoh kecil orang yang dinyatakan tidak mengalami
keterbatasan namun mendapatkan special needs.

Kebutuhan khusus pun merupakan istilah yang menurut saya sangat tidak
bersahabat untuk teman-teman saya yang memiliki keterbatasan fisik maupun
mental, memangnya hanya mereka yang memiliki kebutuhan khusus. SAya melihat
justru mereka merupakan orang-orang yang butuh dipandang sama dengan orang
lain dan tidak dinilai baik secara positif maupun negatif karena
keterbatasannya, saya punya teman skoleosis (tulang punggung huruf S) yang
cerdas, namun ditanggapi berlebihan karena bentuk fisik yang berbeda, memang
jadi ada "perlakuan khusus" namun itu tidak memberinya kenyamanan malah
membuat dia merasa risih, emang fisikku berbeda so what? itu yang selalu dia
katakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar