Down Syndrome Cegah Kanker

Penyakit down's syndrome walau tidak diharapkan kehadirannya, tetapi bisa mencegah penyakit kanker. Jadi, orang yang memiliki kelainan bawaan akibat ketidaknormalan pada kromosom 21 ini bisa jadi akan terhindar dari kanker. Sebuah studi di AS menunjukkan bahwa sindroma Down tampaknya mengurangi risiko berbagai penyakit kanker. Penelitian yang sama juga menemukan bahwa orang yang menderita penyakit ini bisa berharap hidup dua kali lebih lama dibandingkan keadaan yang sama sekitar 20 tahun. Berkurangnya risiko kanker ini mungkin disebabkan karena pengaruh faktor genetik atau kurangnya paparan lingkungan penyebab kanker. Sindroma Down ditunjukkan oleh orang yang lahir dengan tiga kopi kromosom.

Quanhe Yang dan rekan-rekannya dari Pusat Pengawasan Penyakit Atlanta mempelajari sekitar 18 ribu kematian yang ternyata dikenali sebagai penderita sindroma Down yang didaftarkan antara tahun 1983 dan 1997. Mereka menemukan, ternyata kanker yang bukan leukimia dan kanker testikular terjadi pada kurang dari 10% dari angka yang mereka duga sebelumnya. Namun demikian, kegagalan jantung, demensia dan leukimia merupakan penyebab dari kematian yang tingkatnya justru lebih banyak di masyarakat. Selain itu, harapan hidup di antara mereka penderita sindroma Down itu meningkat dari 25 sampai 49 tahun antara tahun 1983 dan 1997.

Mengomentari penemuan ini, Yang mengatakan, "Pengurangan pemaparan dari faktor-faktor lingkungan yang menjadi salah satu penyebab risiko kanker dan gen penyebab tumor terhadap kromosom 21 atau sel yang terprogram yang dikenal lebih tinggi dalam sel-sel sindroma Down, bisa menjadi alasan yang dimungkinkan penderita ini tidak kena kanker.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar