KEBUTUHAN KHUSUS AUTISME
Autis adalah syndrome yang sering disalahpahami oleh kebanyakan orang. Anak-anak penyandang autis sering kali dianggap tidak waras, gila, dan berbahaya. Sungguh suatu pemahaman yang sangat tragis dan menakutkan. Dengan persepsi masyarakat yang sedemikian rupa, maka perkembangan dan keberadaan anak autis menjadi tidak pernah terperhatikan. Jangankan untuk sekolah, untuk berinteraksi saja anak autis sering tidak mendapatkan tempat.
Begitu sulit mengubah persepsi dan penerimaan masyarakat terhadap anak autis, barangkali juga seulit menemukan yangng menjadi penyebab autis itu sendiri. Berbagai spekulasi telah disapaikanmengenai penyebab autisme. Beberapa ahli menyatakan autisme disebabkan oleh keturunan. Ahli lain mengatakan penyebab autis adalah pola makan dan gaya hidup. Sementara masih juga ada yang menyatakan autisme adalah kutkan Tuhan. Sungguh menjadi semakin memilukan.
Lalu apa sebenarnya autis itu. Autis secara harafiah berasal dari bahasa Yunani, auto, yang artinya sendiri. Hal ini dilatarbelakangi oleh kenyataan banhwa anak autis pada umumnya hidup dengan dunianya sendiri, menikmati kesendirian, dan tidak responsif dengan orang-orang sekitar.
Secara neurologis, anak autis adalah anak yang mengalami hambatan perkembanan otak terutama pada area bahasa, sosial dan fantasi. Hambatan perkembangan inilah yang menjadikan anak autis memilikiperilaku yang berbea dengan anak-anak biasanya dan cenderung aneh. Pada beberapa bentuk perilaku anak autis memiliki kecenderungan yang ekstrim. Dalam hal akademik juga sering ditemuak anak-anak yang memiliki kemampuan spesifik dan melebihi kemampauan anak-anak seusianya. Selakipun demikian rata-rata anak autis tidak memiliki kemampuan rat-rata disemua bidang.
Mencermati kondisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa anak autis sebenarnya memiliki potensi yang dapat dikembangkan sebagai pegangan hidupnya kelak. Hanya saja model pengembangan diri dan pendidikan bagi anak autis harus disusun dengan standar dan komposisi berbeda dengan anak kebanyakan. Hal ini megingat karakter anak autis yang relatif berbeda dan unik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar